Selasa, 27 September 2011

Backpacker ke Pulau Sempu

           Beberapa hari setelah Ujian Akhir Semester di kampus Gunadarma, saya dan teman sewaktu masa SMA merencanakan liburan ke Malang lebih tepatnya lagi Pulau Sempu. Kalau tidak salah pulau sempu ini terletak di daerah kabupaten Malang, yang merupakan salah satu tempat yang dilindungi oleh pemerintah seperti cagar alam ataupun tempat wisata. Berangkat dari kota Bandung menggunakan kereta ekonomi malabar dengan tarif yang tidak seperti biasanya karena sudah memasuki saat-saat bulan ramadhan yang pastinya mudik lebaran tetapi kami tetap berangkat ke pulau sempu.
           Untuk saya pertama kalinya menginjakan kaki di kota Malang, udara yang masih sejuk dan tidak ada kemacetan disana-sini membuat kami semua baru merasakan suasana seperti ini tidak seperti di Jakarta misalnya yang 90 derajat keadaannya berbeda dengan kota ini. Ternyata untuk menuju pulau sempu membutuhkan waktu yang lama, panjang dan cukup melelahkan sekitar 3-4 jam dari pusat kota Malang. Menuju pantai Sendang Biru yang berhadapan langsung dengan pulau Sempu ini, nampak begitu luas pulau nya dan kami bertemu dengan beberapa orang dari Solo. Dengan menggunakan kapal nelayan kami pun menyebrang bersama ke pulau itu, jaraknya tidak terlalu jauh membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Berjalan menuju pantai segiri anakan tempat yang akan kami tempati disana sekitar 3 hari 2 malam, tampak seperti hutan didalam nya banyak hewan primata seperti monyet. Beberapa teman yang kami temui disana meskipun berbeda bahasa mereka sangat ramah.

             Pantai segiri anakan merupakan pantai yang ditutupi oleh karang yang berbentuk setengah lingkaran, tapi ada bagian karang yang bolong dan airnya masuk kedalam pinggir pantai, sangat aman ketika anda memutuskan untuk berenang, pasir putih air laut biru nan jernih membuat saya ingin kembali kesana.
Pulau Sempu mungkin belum banyak orang yang tahu, tapi disana merupakan salah satu pantai yang bagus untuk dikunjungi menurut saya. Mungkin hanya akses dan jarak yang cukup jauh yang bisa mengurungkan niat untuk mencoba pergi kesana, tapi jangan khawatir ketika sampai dipantainya rasa capek akan terbayar dengan keindahan alam disana. Mungkin salah satu "hidden paradise" yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar