Rabu, 26 Oktober 2011

Komunikasi dalam Suatu Organisasi


          Komunikasi dalam organisasi bertujuan untuk menyampaikan maklumat yang benar dan tepat pada waktu kepada ahli-ahli dalam organisasi supaya meningkatkan prestasi organisasi. Komunikasi adalah merupakan aspek dan elemen yang penting dalam kefungsian sesebuah organisasi. Keberkesanan komunikasi dan keberkesanan organisasi mempunyai hubungan yang rapat dan saling mempengaruhi. Komunikasi merupakan aktivitas manusia, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain yang mereka jalani dalam kehidupan sehari-hari seperti dirumah, di tempat kerja atau dimana saja manusia berada.
       Pentingnya komunikasi bagi organisasi tidak dapat dipungkiri lagi, adanya suatu komunikasi yang baik bagi sebuah organisasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil atau sebaliknya. Komunikasi yang efektif adalah penting bagi semua organisasi karena itu para pemimpin organisasi dan para komunikator dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka (Kohler, 1981). Dosen dalam peranannya harus berhubungan baik denga rektor, dosen dengan dosen, dosen dengan mahasiswa. Hubungan dan komunikasi yang baik membawa konsekuensi terjalinnya interaksi seluruh komponen yang ada disalam suatu Universitas atau kampus.Menurut Forsdale (1981) bahwa “communication is the process by which a system is established, maintened and altered by means of shared signals that operate according to rules”. Sedangkan ahli lain berpendapat bahwa komunikasi manusia adalah sesuatu proses melalui dimana individu dalam hubungannya, dalam kelompok, dalam organisasi, dan dalam masyarakat menciptakan, mengirimkan dan menggunakan informasi untuk mengkoordinasi lingkunagnnya dan orang lain (Brent D. Ruben, 1988).
         Hubungan sosial antar manusia selalu terjadi dimana-mana,contohnya dalam suatu organisasi yang sedang ditekuni oleh beberapa orang dan banyak orang atau kelompok tertentu. Organisasi sendiri bisa dikatakan berkembang atau maju apabila sudah memenuhi target atau tujuan organisasi tersebut, komunikasi pun menentukan hal tersebut. Apabila satu orang dan orang lain nya berkomunikasi dengan baik maka organisasi itu bukan tidak mungkin lagi akan mencapai tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar